Minggu, 20 November 2011

sejarah pertempuran ambarawa

                Pertempuran ambarawa berlangsung tanggal 20-november s.d 15 desember 1945 antara TKR dan pasukan inggris. Peristiwa itu berawal dari kedatangan tentara sekutu di semarang tanggal 20 oktober 1945. Tujuan semula pasukan itu adalah mengurus tawanan perang. Akan tetapi, ternyata diboncengi oleh NICA yang kemudian mempersenjatai para tawanan.
                Di ambarawa tanggal 20 oktober 1945 pecahlah pertempuran antara TKR yang dipimpin mayor sumatro dengan tentara serikat. Dalam pertempuran itu gugur Letkol Isdiman,Komandan Rasimen Banyumas. Dengan gugurnya Kolonel Isdiman,Komando pasukan diambil alih oleh Letnan Kolonel Sudirman yang saat itu menjabat sebagai Panglima divisi Banyumas.
                 Pasukan serikat menggunakan para tawanan jepang yang telah dipersenjatai untuk ikut bertempur. Mereka juga mengerahkan tang dan senjata berat lainya. Pada tanggal 12 desember 1945,pasukan indonesia melancarkan serangan serentak. Setelah bertempur selama empat hari,Akhirnya pasukan indonesia berhasil mengusir tentara serikat dari ambarawa dan memukul mundur mereka sampai semarang.                      

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar